Biaya Sertifikasi Haccp Jababeka Juli 2024

Biaya sertifikasi Haccp Jababeka tergantung ruang lingkup dari sistem keamanan pangan, biaya sertifikasi bisa berbeda-beda. Biaya ini dapat meliputi beberapa hal:

  • Menyusun rencana HACCP,
  • Mengimplementasikan rencana HACCP, termasuk pengawasan yang sedang berlangsung, validasi, dan sistem verifikasi,
  • Melatih seluruh orang yang menangani bahan pangan dan staf-staf yang berhubungan dengan produksi,
  • Biaya audit pihak ketiga berdasarkan badan sertifikasi yang Anda pilih,
  • Biaya kontrak pelanggan, termasuk tes laboratorium dan peningkatan asuransi liabilitas, serta
  • Perbaikan yang sedang berlangsung dari rencana HACCP dan sistem pengelolaan keamanan pangan, termasuk biaya audit ulang.
  • Kemudian, inilah beberapa biaya sertifikasi menurut jenis-jenisnya, berdasarkan BBIA (Balai Besar Industri Agro) dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia:
  • Pengawasan Audit Sertifikasi HACCP beserta ISO 22000 dan ISO 9001:2008 (2 hari kerja) menghabiskan biaya sertifikasi haccp sebesar Rp 6.000.000 per perusahaan.
  • Pengawasan Audit Sertifikasi HACCP, ISO 9001:2008, dan ISO 22000 (4 hari kerja) dipatok biaya sertifikasi haccp sebesar Rp 8.500.000 untuk setiap perusahaan.
  • Pengawasan Audit Sertifikasi HACCP beserta ISO 22000 dan ISO 9001:2008 (8 hari kerja) memakan biaya sertifikasi haccp sebesar Rp 22.000.000 per perusahaan.
  • Gabungan sertifikasi HACCP, SNI (Standar Nasional Indonesia), serta ISO 9001:2008 (12 hari kerja) dipatok seharga Rp 40.000.000 per perusahaan.
  • Gabungan sertifikasi HACCP, SNI, ISO 22000, dan ISO 9001 (14 hari kerja) menghabiskan biaya sebanyak Rp50 juta per perusahaan.

Catatan: biaya di atas hanyalah estimasi atau perkiraan. Setiap biaya sertifikasi mempunyai penentuan tarif yang berbeda disesuaikan dengan banyaknya jumlah karyawan, akreditasi, dan lain sebagainya.

Promo Sertifikasi Haccp Terbatas
Raih Promo Harga Menarik Yang Menyesuaikan Kebutuhan Anda
Sertifikasi di Akui Secara Nasional & Internasional

HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) adalah suatu sistem jaminan mutu yang mendasarkan kepada kesadaran atau penghayatan bahwa hazard (bahaya) dapat timbul pada berbagai titik atau tahap produksi tertentu tetapi dapat dilakukan pengendalian untuk mengontrol bahaya-bahaya tersebut. Standar HACCP berasal dari “General Principles Food Hygiene, Recommended International Code of Practice, CAC/RCP I – 2020. Standar ini umum diterapkan dalam industri makanan minuman dan turunannya.

Biaya Sertifikasi Haccp Terdekat

Tujuan Sertifikasi Haccp Jababeka

Adanya sistem HACCP bertujuan untuk memastikan bahwa semua bahan makanan yang dijual ke pasaran aman secara biologis, fisik, maupun kimia bagi orang mengkonsumsinya. Dengan begitu, risiko sakit, keracunan, hingga kematian karena bahan makanan yang tidak layak dikonsumsi dapat dikurangi bahkan dihilangkan sama sekali.

Proses Sertifikasi Haccp Jababeka

Sertifikasi HACCP tentunya tidak dapat diselesaikan dalam semalam. Berikut proses yang perlu dicermati:

1. Memahami persyaratan HACCP

Pahamilah persyaratan HACCP terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dengan mengikuti pelatihan terkait standar HACCP.

2. Menyusun rencana HACCP

Susunlah rencana HACCP berdasarkan regulasi yang berlaku dalam negeri maupun negara-negara luar yang menjadi tujuan ekspor. Selain itu, pastikan ruang lingkup lain, seperti produk, proses, dan lokasi sudah termasuk dalam rencana.

3. Menyelesaikan analisis celah

Sebaiknya, selesaikan analisis celah menggunakan jasa pihak ketiga.

4. Memilih lembaga sertifikasi pihak ketiga

Pilihlah lembaga sertifikasi yang sudah terakreditasi dan memiliki kualifikasi yang dibutuhkan.

5. Melaksanakan audit HACCP

Lakukan audit dengan memeriksa di lapangan maupun meninjau ulang dokumentasi.

Promo Sertifikasi Haccp Terbatas
Raih Promo Harga Menarik Yang Menyesuaikan Kebutuhan Anda
Sertifikasi di Akui Secara Nasional & Internasional

Manfaat Sertifikasi Haccp Jababeka

Banyak manfaat yang diperoleh dari sertifikasi HACCP. Pertama, sertifikat ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda berkomitmen pada keamanan pangan. Kemudian, HACCP dapat membuat penggunaan bahan baku menjadi lebih efektif, mengurangi pengeluaran, serta meningkatkan efisiensi waktu. Sistem ini juga mampu memajukan bisnis dan mendatangkan lebih banyak pelanggan.

Alfa Solusindo Sistem adalah pemberi sertifikasi Haccp dengan perspektif baru, menciptakan penerapan standar internasional yang mempertemukan antara kebutuhan dengan persyaratan yang relevan. Dengan standar internasional melalui konsultasi dengan berfokus pada proses sertifikasi ISO terakreditasi internasional merupakan suatu nilai tambah bagi organisasi yang bermanfaat secara strategis dalam mencapai tujuan. Jika Anda / Perusahaan anda membutuhkan pelatihan ISO dan sertifikasi ISO, maka jangan sungkan untuk menghubungi kami

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *