Biaya Sertifikasi ISO 16949

Biaya Sertifikasi ISO 16949 Juni 2024

Biaya Sertifikasi ISO 16949 Murah, Berpengalaman Sertifikasi ISO. Proses Sertifikasi Simple Namun Aplikatif Bergaransi Dengan Biaya Ekonomis. Besarnya biaya sertifikasi ISO/TS 16949 tergantung bidang pekerjaan, ruang lingkup (Scope) dan besarnya perusahaan/organisasi. Sertifikasi ISO/TS 16949 merupakan persyaratan bagi setiap perusahaan yang menginginkan untuk mensuplai produk untuk industri otomotif. Perusahaan yang ingin meraih sertifikat ISO/TS 16949 ini diwajibkan untuk mengembangkan sistem manajemen mutu suplier mereka dengan tujuan suplier mematuhi ISO/TS 16949.

ISO/TS 16949 merupakan spesifikasi sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional untuk industri otomotif. ISO/TS 16949:2009 merupakan versi saat ini (terakhir diperbarui pada tahun 2009) yang merupakan standar yang dikembangkan bagi industri otomotif. ISO/TS 16949:2009 mengandung semua persyaratan ISO 9001 ditambah beberapa persyaratan tambahan khusus untuk industri otomotif.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi ISO 16949 Terbatas
Sertifikasi di Akui Secara Internasional

ISO 16949

Sertifikat IATF 16949 yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu (QMS) khusus untuk sektor otomotif. Standar ISO 16949 awalnya dibentuk pada tahun 1999 oleh Gugus Tugas Otomotif Internasional untuk mengoordinasikan berbagai skema analisis dan sertifikasi secara global dalam rantai pasokan untuk sektor otomotif. Standar IATF 16949 menyediakan panduan dan alat untuk perusahaan dan organisasi yang ingin memastikan bahwa produk mereka secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan dan kepuasan pelanggan ditingkatkan secara konsisten.

Fokus utama dari standar IATF 16949 adalah pengembangan Sistem Manajemen Mutu yang membantu untuk perbaikan terus-menerus, memusatkan perhatian pada pencegahan cacat dan pengurangan perbedaan dan pemborosan dalam rantai pasokan. Standar ini dikonsolidasikan dengan persyaratan Khusus Pelanggan yang berlaku yang menetapkan persyaratan SMM untuk produksi, layanan, dan / atau komponen aksesori otomotif. Standar IATF 16949 menetapkan serangkaian teknik dan metode reguler untuk pengembangan produk dan proses umum untuk manufaktur otomotif secara global.

Standar ISO 16949 didasarkan pada standar Sistem Manajemen Kualitas otomotif berikut:

Standar QS 9000 Amerika

Standar ini dirancang oleh perusahaan otomotif Chrysler, Ford Motor dan General Motor di Amerika. Tujuannya adalah untuk memastikan standardisasi pemasok yang beroperasi di sektor ini. Ketiga perusahaan otomotif besar ini memulai aplikasi yang disebut Gugus Persyaratan Persyaratan Pemasok Kualitas di 1992 untuk mengevaluasi perusahaan pemasok sesuai dengan kriteria kualitas mereka sendiri.

Standar QS 9000 pertama kali diterbitkan di 1994 dengan kombinasi dari standar berikut:

  • Manual Jaminan Kualitas Chrysler
  • Standar Sistem Kualitas Q101 Ford
  • Goals for Excellence untuk General Motors
  • Kondisi yang diramalkan oleh beberapa produsen truk besar
  • Aplikasi ini didasarkan sepenuhnya pada kebutuhan sektor otomotif. Seiring waktu, apa yang disebut QS 9000 dibentuk dengan cara ini dan muncul sebagai versi standar Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 untuk industri otomotif.

Standar VDA 6.1 Jerman

Standar ini dirancang oleh pabrikan otomotif besar di Jerman, termasuk Mercedes, AUDI, Wolkwagen, Porsche, dan BMW bersama di 1991 dan dirancang untuk pemasok di sektor otomotif. Standar VDA 1996, yang direvisi dalam 6.1, adalah desain bersama perusahaan besar 27, yang membentuk sektor otomotif di Jerman. Standar ini dibentuk dengan melengkapi kekurangan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 untuk sektor otomotif dan memadukan berbagai standar nasional yang diterapkan di negara-negara anggota Uni Eropa. Ia lahir di Jerman tetapi merupakan standar Sistem Manajemen Kualitas Otomotif yang diadopsi di semua negara Eropa. Dalam studi revisi di 1996, produsen Eropa dan Amerika datang bersama-sama dan menyelesaikan aspek yang hilang dari standar VDA 6.1 dengan standar ISO 16949. Setelah tanggal ini, kedua anak panah telah saling menggantikan. Standar VDA 6.1 didasarkan pada dua pilar. Kunci pertama adalah tanggung jawab manajemen dan strategi bisnis. Kunci kedua adalah kebutuhan dan persyaratan produk dan manajemen.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi ISO 16949 Terbatas
Sertifikasi di Akui Secara Internasional

Standar EAQF 9000 Perancis

Standar ini dirancang untuk kebutuhan perusahaan otomotif di Peugeot, Renault, Citroen dan Fiat di 1994.

Italia AVSQ 9000 standar

Standar ini juga dirancang untuk kebutuhan perusahaan seperti Lancia, Maserati, Alfa Romeo, Fiat, Ferrari dan Lamborghini di 1994 untuk tujuan yang sama.

Semua standar ini berada dalam ruang lingkup industri otomotif global dan dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan dan merupakan sistem sertifikasi terpisah. Dalam hal ini, standar ISO 16949 dirancang oleh Organisasi Internasional untuk Standarisasi (ISO) untuk menghilangkan dan membedakan diferensiasi ini dan diterbitkan pada bulan Maret 2002. Standar yang sama telah diterbitkan oleh Institut Standar Turki di negara kami sebagai standar TSE ISO / TS 16949 (TSE ISO / TS 16949 Sistem manajemen kualitas – Persyaratan khusus untuk penerapan ISO 9001: 2008 untuk manufaktur otomotif dan produsen suku cadang terkait).

Tujuan utama dari standar ini adalah untuk memastikan bahwa perusahaan sub-industri yang memproduksi bahan untuk perusahaan induk memberikan standar tertentu. Tujuan utama dari standar ISO 16949, yang menyatukan semua standar ini, adalah untuk memberikan nilai tambah pada aktivitas perusahaan otomotif, yaitu untuk menciptakan peluang bagi mereka untuk meningkatkan kinerja mereka. Pendekatan utama dari standar ini adalah untuk menyediakan kondisi yang akan menciptakan kepuasan pelanggan secara paralel dengan harapan pelanggan tetapi tanpa melampaui peraturan hukum yang ada.

Prinsip Prinsip ISO TS 16949:

  • Menjadi pelanggan yang berorientasi
  • Untuk memastikan dukungan manajemen senior dan partisipasi karyawan
  • Untuk mengadopsi pendekatan proses dan sistem
  • Bertindak dengan data dan membuat keputusan berdasarkan fakta
  • Mengamati kondisi lingkungan dan peluang pemulihan produk selama kegiatan produksi

Persyaratan dalam standar ISO TS 16949, tetapi tidak dalam standar ISO 9000:

  • Perencanaan pabrik, pabrik dan peralatan
  • Pembersihan dan pengaturan fasilitas produksi
  • Kontrol spesifikasi teknik
  • Tinjauan produktivitas dalam proses bisnis
  • Analisis jenis dan efek kesalahan dalam produksi dan studi desain
  • Penentuan kemampuan manufaktur perusahaan dan analisis risiko produk
  • Mempersiapkan rencana tindakan darurat untuk situasi yang tidak terduga
  • Persiapan dan implementasi rencana kontrol
  • Penentuan tugas, wewenang dan tanggung jawab perwakilan pelanggan
  • Motivasi dan pemberdayaan karyawan

MANFAAT SERTIFIKASI IATF

  • Memberikan produk yang secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan dan layanan yang andal dan dapat diandalkan.
  • Mendorong perbaikan proses yang berkesinambungan dan menghasilkan efisiensi operasional yang berarti uang dihemat.
  • Membantu meningkatkan persepsi organisasi Anda dengan karyawan, klien, dan pemasok.
  • Penilaian sendiri atau verifikasi terhadap standar industri yang diakui secara global berbicara banyak.
  • Spesifikasi pengadaan seringkali memerlukan sertifikasi sebagai syarat untuk memasok, sehingga sertifikasi membuka pintu bagi bisnis baru.
  • Sertifikasi diakui secara internasional dan diterima di seluruh rantai pasokan industri, menetapkan tolok ukur industri untuk sumber pemasok.
  • Pendekatan umum dalam rantai pasokan untuk pengembangan pemasok atau subkontraktor, konsistensi mengemudi, kompetensi, dan kontrol.

Alfa Solusindo Sistem adalah pemberi Jasa Konsultan ISO dengan perspektif baru, menciptakan penerapan standar internasional yang mempertemukan antara kebutuhan dengan persyaratan yang relevan dengan standar internasional melalui konsultasi dengan berfokus pada proses sertifikasi ISO terakreditasi internasional merupakan suatu nilai tambah bagi organisasi yang bermanfaat secara strategis dalam mencapai tujuan.

Jika Anda / Perusahaan anda membutuhkan konsultasi ISO dan sertifikasi ISO, maka jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi ISO 16949 Terbatas
Sertifikasi di Akui Secara Internasional

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *