Inhouse Training

Inhouse Training

InHouse Training adalah sebuah bentuk program pelatihan, dimana materi pelatihan, waktu serta tempat pelatihan ditentukan sesuai dengan yang diminta dan dibutuhkan oleh peserta atau perusahaan yang meminta. Umumnya pelatihan dalam bentuk in-house ini dilaksan oleh Perusahaan / Institusi / Dinas dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di tempatnya.

Sebuah training dapat dikataan penting untuk diberikan kepada karyawan, pimpinan, atau staf lainnya sebagai bagian dari persyaratan legislatif, kinerja industri, standar keselamatan kerja, atau persyaratan pendidikan lanjutan. In house training pun akan sangat membantu meningkatkan kualitas SDM yang menjadi eksekutor atas ide, rencana, dan kegiatan perusahaan lainnya. Ini pun akan sangat bermanfaat membantu SDM perusahaan mencapai titik maksimum atas segala potensi dahsyat yang mereka miliki sehingga dapat mendorong tercapainya target yang sudah ditentukan perusahaan.

Materi InHouse Training

Materi In house training biasanya relevan dengan permasalahan yang lebih spesifik yang dipinta langsung oleh penyelenggara. Perusahaan Anda sendiri yang menentukan topik apa yang ingin dibahas. Materi training akan dirancang secara khusus oleh pihak trainer / provider training yang Anda undang agar relevan dan berkaitan langsung dengan kinerja pada suatu bidang kerja tertentu dan mencari solusi jika terdapat permasalah terkait. Dengan demikian, ini bisa menjadi jaminan bahwa organisasi akan dapat meningkatkan kinerja para anggota dan meningkatkan kualitas dan hasil kerja para peserta secara langsung.

TEMPAT INHOUSE TRAINING

Tempat penyelenggaraan In-House Training ditentukan oleh perusahaan bisa di kantor sendiri, hotel atau dimana pun yang mendukung acara training berjalan lancar. Tempat training harus diperhatikan agar memberi kenyamanan bagi peserta training dan mendukung efektifitas jalannya training.

PESERTA IN-HOUSE TRAINING

Peserta dalam In-House Training dipilih oleh pihak perusahaan dan jumlah peserta harus ditentukan sesuai kesepakatan degan pihak Trainer yang diundang.

Manfaat In House Training

Pelatihan dalam bentuk in house training biasanya digelar dengan berbagai tujuan atas target atau kebutuhan tertentu sebuah perusahaan. Setidaknya In-House Training memiliki beberapa tujuan diantaranya:

  1. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang didayagunakan oleh perusahaan terkait. Hal ini diharapkan dapat mendukung target organisasi dalam upaya mencapai sasaran yang telah ditetapkan. Bekerja sesuai Misi dan Visi organisasi.
  2. Menciptakan interaksi antara peserta. Jika sebuah perusahaan / organsisasi, atau instansi memiliki banyak cabang yang tersebar di berbagai daerah, maka besar kemungkinan mereka memiliki cara kerja yang berbeda, pengalaman kerja dan pengalaman hidup yang berbeda, dan memiliki kualitas yang berbeda pula. Dengan In House Training peserta dapat bertukar informasi sehingga bukan tidak mungkin ini cara yang paling efektif untuk menciptakan standarisasi kinerja yang paling efektif. Mana yang paling bagus, mana yang paling efektif, dan mana yang terbaik bisa dibuat standar kerja di semua cabang sehingga semua cabang bisa berkembang secara merata dengan kualitas terdahsyat.
  3. Mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan antara karyawan. Karena mereka bekerja untuk satu naungan yang sama, bukan tidak mungkin mereka tidak lagi kaku untuk sharing, bersahabat dan lebih kompak. Dengan ini keuntungan untuk perusahaan jadi sangat besar.
  4. Meningkatkan motivasi dan budaya belajar yang berkesinambungan. Hal ini bisa mengeksplorasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi di lapangan yang berkaitan dengan peningkatan efektifitas kerja, sehingga dapat mencari solusi  secara bersama-sama dengan kemungkinan solusi terbaik.
  5. dan masih banyak sekali tujuan in house training maupun manfaat in house training yang biasanya diharapkan oleh para penyelenggara.

Keuntungan Menyelenggarakan In House Training

Selain dari daftar manfaat yang telah dipaparkan sebelumnya di atas, masih banyak sekali keunggulan dari In House Training dibandingkan jenis training lainnya, diantaranya:

  1. Biaya lebih murah
  2. Hasil bisa lebih maksimal
  3. Peserta dari 1 organisasi sehingga tidak perlu hawatir bocornya sebuah rahasia penting / masalah intern yang terjadi di perusahaan Anda.
  4. Materi lebih spesifik

Apakah Anda merasa artikel tentang In-House Training memberi informasi baru untuk Anda? Kira-kira apa pandangan Anda tentang kelebihan Training ini? Jika Anda merasa artikel ini memberi manfaat dan informasi bagus untuk Anda silakan bagikan dan berikan komentar positif di social media Anda mengenai hal ini.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.