ISO 45001 Sebagi Mitigasi Risiko Lingkungan Kerja

ISO 45001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk kesehatan dan keselamatan kerja/ sistem manajemen K3, dengan panduannya yang dapat memungkinkan organisasi agar secara proaktif meningkatkan kinerja dalam hal mencegah cedera, kecelakaan kerja dan gangguan kesehatan.

Di banyak negara, persyaratan peraturan terus meningkat, yang membantu organisasi menunjukkan komitmen internal dan eksternal mereka terhadap keselamatan tempat kerja dan meningkatkan reputasi bisnis mereka di antara karyawan dan pelanggan.

Menanggapi tantangan yang ditimbulkan oleh COVID-19, Forum Sertifikasi Internasional (IAF) telah memperpanjang periode migrasi sertifikasi ISO 45001, dan sertifikasi OHSAS 18001 saat ini dapat diperpanjang selama enam bulan. Artinya, masa migrasi sertifikasi dan akreditasi dari OHSAS 18001: 2007 ke ISO 45001: 2018 telah diperpanjang hingga September 2021. Berikut ini beberapa manfaat ISO 45001.

  1. Tenaga Kerja yang Lebih Aman

ISO 45001 bertujuan untuk mengurangi kecelakaan terkait pekerjaan, dan berkomitmen untuk menciptakan budaya kesehatan dan keselamatan, mendorong karyawan untuk berperan aktif dalam K3 mereka sendiri. Didukung oleh kepemimpinan yang kuat dan komitmen sejati terhadap keselamatan dan kesehatan kerja, hal ini membantu membangun budaya keselamatan, sehingga mengurangi pergantian karyawan, meningkatkan moral dan meningkatkan retensi karyawan, serta membuat lingkungan kerja mereka lebih aman dan sehat.

  1. Produktivitas Perusahaan Meningkat

ISO 45001 membantu organisasi Anda memahami status risikonya melalui proses sistematis untuk memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan Anda, sehingga mengurangi ketidakhadiran dan pergantian personel, sehingga meningkatkan produktivitas.

  1. Meningkatkan Komitmen Perusahaan

ISO 45001 memberikan kerangka kerja yang jelas untuk mengelola peraturan dan kewajiban hukum Anda. Menerapkan sistem manajemen K3 yang kuat dapat membantu memberikan kepercayaan pemangku kepentingan, sehingga meningkatkan reputasi merek Anda dan memberi Anda keunggulan kompetitif saat menawar kontrak.

  1. Penerapan yang Sederhana

ISO 45001 mudah diintegrasikan dengan semua standar sistem manajemen ISO yang baru dan direvisi (seperti ISO 9001 dan ISO 14001) karena memiliki teks tingkat tinggi dan struktur umum yang sama.

ISO 45001 dimaksudkan untuk dapat diterapkan pada organisasi apa pun, terlepas dari ukuran, jenis, dan sifatnya. Semua persyaratan dirancang untuk diintegrasikan ke dalam proses manajemen organisasi itu sendiri. ISO 45001 memungkinkan organisasi untuk mengintegrasikan informasi kesehatan dan keselamatan lainnya, seperti kesehatan / kesejahteraan pekerja, melalui sistem manajemen K3; namun, perlu dicatat bahwa persyaratan hukum yang berlaku mungkin mengharuskan organisasi untuk menangani masalah tersebut.

Jika anda membutuhkan informasi terkait pendampingan tentang ISO 45001 dalam membangun sistem manajemen di organisasi/perusahaan anda, silahkan hubungi kami dengan kontak yang tertera pada website.

Demikan informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Source: lr.org

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *