iso 20000-1

Konsultan ISO 20000-1: 2018

ISO/IEC 20000-1 adalah Sistem Manajemen Layanan IT yang dirancang untuk pengembangan sistem manajemen layanan yang berfokus pada kebutuhan pelanggan.

Standar ISO/IEC 20000-1:2018 menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, dan terus meningkatkan sistem manajemen layanan atau service management system (SMS). Standar ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2005 dan kemudian diperbarui pada tahun 2011. Versi ketiga, revisi yang sepenuhnya dari standar (disebut ISO / IEC 20000: 2018 Bagian 1) dirilis pada 15 September 2018 dan menggantikan edisi kedua (ISO / IEC 20000-1: 2011).

promo konsultasi iso 20000-1

Persyaratan yang ditentukan dalam dokumen ini mencakup perencanaan, desain, transisi, pengiriman, dan peningkatan layanan untuk memenuhi persyaratan layanan dan memberikan nilai. Dokumen ini dapat digunakan oleh:

  • Pelanggan yang mencari layanan dan membutuhkan jaminan mengenai kualitas layanan tersebut;
  • Pelanggan yang membutuhkan pendekatan yang konsisten terhadap siklus hidup layanan oleh semua penyedia layanannya, termasuk yang ada dalam rantai pasokan;
  • Organisasi untuk mendemonstrasikan kemampuannya untuk perencanaan, desain, transisi, penyampaian dan peningkatan layanan;
  • Organisasi untuk memantau, mengukur dan meninjau SMS dan layanannya;
  • Organisasi untuk meningkatkan perencanaan, desain, transisi, penyampaian dan peningkatan layanan melalui implementasi dan pengoperasian SMS yang efektif;
  • Organisasi atau pihak lain yang melakukan penilaian kesesuaian terhadap persyaratan yang ditentukan dalam dokumen ini;
  • Penyedia pelatihan atau nasihat dalam manajemen layanan.

Manfaat ISO 20000-1:2018

Peningkatan Kualitas Layanan TI

ISO 20000-1:2018 membantu organisasi dalam membangun proses yang konsisten dan terkelola dengan baik. Ini berarti bahwa layanan TI yang disediakan akan menjadi lebih terstruktur, diatur, dan berkualitas. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Peningkatan Kepuasan Pelanggan

Dengan menerapkan standar ISO 20000-1:2018, organisasi dapat mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Standar ini membantu meningkatkan pemahaman tentang harapan pelanggan dan memastikan bahwa layanan TI yang disediakan sesuai dengan persyaratan mereka. Dengan demikian, pelanggan akan merasa puas dengan kualitas dan keandalan layanan yang diberikan.

Peningkatan Efisiensi Operasional

ISO 20000-1:2018 mendorong penggunaan praktik manajemen terbaik dan pendekatan berbasis proses. Ini membantu organisasi meningkatkan efisiensi operasional mereka dengan mengurangi redudansi, menghilangkan ketidaksesuaian, dan meningkatkan alur kerja. Dengan mengoptimalkan proses internal, organisasi dapat menghemat waktu, sumber daya, dan biaya operasional.

Peningkatan Pengendalian dan Keamanan Informasi

Standar ini memperhatikan aspek keamanan informasi dalam pengelolaan layanan TI. ISO 20000-1:2018 membantu organisasi dalam mengidentifikasi dan mengurangi risiko keamanan, serta menerapkan kontrol yang tepat untuk melindungi informasi sensitif. Hal ini membantu meningkatkan keamanan sistem, mengurangi potensi kerentanan, dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap keamanan data mereka.

Pemenuhan Persyaratan Peraturan dan Hukum

ISO 20000-1:2018 memperhatikan kepatuhan terhadap persyaratan peraturan dan hukum yang relevan dalam bidang layanan TI. Dengan mematuhi standar ini, organisasi dapat memastikan bahwa operasi mereka sesuai dengan persyaratan peraturan yang berlaku, seperti perlindungan data pribadi dan keamanan informasi.

Biaya Konsultasi ISO 20000-1:2018:

Rp. 200.000/Jam

Apakah Organisasi Anda Perlu ISO 20000-1?

ISO 20000-1 membantu navigasi yang sempurna untuk menyiapkan sistem manajemen layanan yang berfokus pada kebutuhan pelanggan dan untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

  • Mengurangi risiko gangguan yang terjadi pada layanan IT
  • Meningkatkan kualitas layanan dan pengelolaan insiden
  • Melindungi aset, pemegang saham, dan direksi

Organisasi dan layanan

Istilah “layanan” seperti yang digunakan dalam standar ini mengacu pada layanan atau layanan dalam lingkup SMS. Istilah “organisasi” seperti yang digunakan dalam standar ini mengacu pada organisasi dalam lingkup SMS yang mengelola dan memberikan layanan kepada pelanggan. Organisasi dalam lingkup SMS dapat menjadi bagian dari organisasi yang lebih besar, misalnya, sebuah departemen dari perusahaan besar. Suatu organisasi atau bagian dari organisasi yang mengelola dan memberikan layanan atau layanan kepada pelanggan internal atau eksternal juga dapat dikenal sebagai penyedia layanan. Setiap penggunaan istilah “layanan” atau “organisasi” dengan maksud yang berbeda dibedakan dengan jelas dalam standar ini.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *