Konsultan TKDN

Kami adalah Konsultan Pendamping TKDN sehingga kami bisa melaksanakan pendampingan penghitungan nilai TKDN. Menempatkan diri sebagai bagian yang tidak terpisahkan, membantu perusahaan yang berbasis pada implementasi peraturan pemerintah khususnya Kemnaker dan Kemenperin.

Apabila Anda merupakan seorang pelaku usaha, sangat penting untuk menerapkan sertifikasi ini. Nah, apakah Anda sudah melakukannya? Jika belum atau baru saja mengetahui sertifikasi ini, sebaiknya jangan lewatkan pembahasan dalam artikel berikut!

Konsultan TKDN

Aturan Mengenai TKDN

Saat ini Pemerintah sedang mengoptimalkan TKDN – Tingkat Kemampuan Dalam Negeri terhadap proyek-proyek strategis yang didanai oleh Negara, begitu juga peningkatan TKDN pada produksi manufaktur di Indonesia.

Dasar Hukum :

  1. Perindustrian Nomor 16 Tahun 2011 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri
  2. Perindustrian no. 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri
  3. Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2018, Tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri.

Butuh informasi seputar jasa konsultan TKDN
Konsultan kami akan dengan senang hati membatu anda

Cara Mengurus Sertifikat TKDN

Untuk mengurus sertifikat TKDN, industri bisa mengajukan penghitungan mandiri (self assessment) mengenai nilai TKDN yang ada pada produknya. Data-data apa saja yang menjadi perhitungan dalam assessment TKDN diantaranya adalah :

  • Komponen bahan baku dalam negeri
  • Komponen Jasa dalam negeri
  • Komponen Alat penunjang produk dalam negeri
  • Komponen SDM
  • Komponen Biaya tidak langsung

Sertifikat TKDN

Sertifikat TKDN Kemenperin merupakan kependekan dari Sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri. Sertifikat TKDN ini menjadi bukti legalitas nilai KDN sebuah produk. Sertifikat TKDN wajib dimiliki oleh semua tingkatan skala industri di Indonesia. Baik untuk industri dengan skala menengah maupun skala besar. 

Untuk menjalankan industri dalam bidang barang maupun jasa, Anda dianjurkan memiliki sertifikat TKDN. Sebab, hal ini telah diatur dalam hukum dan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa macam keuntungan bagi pelaku industri yang telah memiliki sertifikat TKDN.

Keuntungan Sertifikat TKDN

Pemerintah telah menganjurkan bagi para pelaku industri agar senantiasa meningkatkan TKDN, untuk diharapkan untuk memiliki sertifikat TKDN. Hal ini dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian sektor industri dalam negeri. Selain itu, sertifikat TKDN akan membantu produk yang dihasilkan supaya lebih banyak terserap melalui proses pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Bukan hanya itu, masih terdapat keuntungan lain bagi sebuah industri yang sudah memiliki sertifikat TKDN. Berikut ini kami berikan ulasan terkait keuntungan yang didapatkan.

1. Mendapat Preferensi pada Proses Pengadaan Pemerintah

Produk yang sudah memiliki sertifikasi TKDN mendapatkan preferensi memenangkan pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintah. Produk dengan nilai TKDN 25% atau lebih besar akan diberikan diberikan prioritas harga paling tinggi dalam negeri maksimal 25%. Hal ini telah diatur dalam Perpres No. 12 tahun 2021.

Bahkan untuk tingkat produk dengan sertifikat TKDN + BMP setara dengan 40%, pemerintah wajib menggunakan produk tersebut. Selain itu, produk tersebut akan berpeluang lebih dikenal luas oleh masyarakat. Sebab, akan tercantum dalam website P3DN Kementerian Perindustrian. Tentunya hal ini akan menjadi marketing tools yang cukup menguntungkan.

2. Menghemat Devisa Negara

Dengan peningkatan sertifikasi TKDN, maka dapat mengurangi adanya ketergantungan terhadap produk impor. Oleh karena itu, devisa negara menjadi lebih hemat.

3. Mendorong Perkembangan Industri Seluruh Wilayah Indonesia

Memiliki sertifikat TKDN dapat mendorong perkembangan industri dengan cara menjaga keseimbangan ekonomi nasional. Hal ini berlandaskan pada nilai luhur budaya bangsa, kerakyatan, dan keadilan yang mengutamakan kepentingan nasional.

Itulah keuntungan yang didapatkan jika sebuah industri telah mendapat sertifikat TKDN. Untuk itu, pemerintah senantiasa menganjurkan agar pelaku industri terus meningkatkan sertifikasi TKDN demi terciptanya kesejahteraan dan kemandirian yang berlandaskan hukum dan Undang-Undang.

Butuh informasi seputar jasa konsultan TKDN
Konsultan kami akan dengan senang hati membatu anda

Undang-Undang yang Mengatur Sertifikat TKDN

Mengingat pentingnya sertifikasi TKDN untuk industri ini, pemerintah telah memberikan dasar-dasar hukum yang mengatur tentang TKDN. Berikut ini dasar hukum yang mengaturnya.

  • Undang-Undang No. 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian. 
  • Peraturan Pemerintah No. 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.
  • Perpres No. 146 Tahun 2015 tentang Pelaksanaan Pembangunan serta Pengembangan Kilang Minyak Dalam Negeri.
  • Peraturan presiden No. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.
  • Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Motor Listrik yang Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan.
  • Perpres No. 12 tahun 2021 tentang Perubahan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
  • Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2018 tentang Tim Nasional Peningkatan dan Penggunaan Produksi Dalam Negeri.
  • Instruksi Presiden No. 2 Tahun 2022 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro serta Usaha Kecil dan Koperasi.
  • Permen Perindustrian Nomor 57 Tahun 2006 tentang Penunjukan Surveyor sebagai seorang Pelaksana Verifikasi Capaian Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) atas Barang dan Jasa Hasil Produksi Dalam Negeri.
  • Permen perindustrian Nomor 16 tahun 2011 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan Tingkat Komponen Dalam Negeri.
  • Peraturan mentri Perindustrian Nomor 54 Tahun 2012 tentang Pedoman Penggunaan Produk Dalam Negeri Untuk Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan.
  • Permen Perindustrian Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pedoman Peningkatan Penggunaan produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
  • Permen  Perindustrian Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pedoman Peningkatan Penggunaan produk Dalam Negeri dalam Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah yang tidak dibiayai oleh APBN/APBD.
  • Peraturan menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 27 Tahun 2015 tentang Persyaratan teknis Alat dan Perangkat Telekomunikasi Berbasis Standar Teknologi Long Term Evolution.
  • Permen Perindustrian Nomor 15 Tahun 2016 tentang Standar Spesifikasi dan Standar Harga Tower Transmisi dan Konduktor Produk Dalam Negeri.
  • Peraturan menteri Perindustrian Nomor 22 Tahun 2020 tentang Ketentuan dan tata Cara Perhitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Produk Elektronika dan Telematika.
  • Permen Perindustrian Nomor 32 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19 Tahun 2010.
  • Permen Perindustrian Nomor 16 Tahun 2020 tentang Ketentuan dan Tata Cara Perhitungan Nilai Tingkat Komponen dalam Negeri Produk Farmasi.
  • Peraturan menteri Komunikasi dan Informatika tentang Standar Gerak Perangkat Telekomunikasi Bergerak Seluler Berbasis Standar Teknologi Long Term Evolution dan Standar Teknologi International Mobile Telecommunication.
  • Permen Perindustrian Nomor 6 Tahun 2022 tentang Spesifikasi, Peta Jalan Pengembangan, dan Ketentuan Perhitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.
  • Keputusan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman No. 52 Tahun 2022 tentang Kelompok kerja Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri.
  • Peraturan mentri Perindustrian Nomor 31 Tahun 2022 tentang Ketentuan Tata Cara Perhitungan Nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri Alat kesehatan dan Alat Kesehatan Diagnostik In Vitro.
  • Permen Perindustrian Nomor 43 tahun 2022. 
  • Buku P3DN (Pedoman Peningkatan Produk dalam Negeri).

Peraturan di atas merupakan landasan hukum yang mengatur TKDN. Dengan berlandaskan hukum yang jelas, maka TKDN ini perlu untuk ditingkatkan. Begitu pula bagi Anda sebagai pelaku industri yang belum mendapatkan sertifikasi TKDN.

Jasa Pengurusan TKDN Dan BMP

Sertifikat TKDN adalah bukti legalitas nilai KDN sebuah produk. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong pengoptimalan kewajiban penggunaan produk dalam negeri.

Salah satunya dengan mensosialisasikan peraturan yang memuat kewajiban untuk menggunakan produk dalam negeri, misalnya Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang Pemberdayaan Industri.

Jasa pengurusan TKDN dan BMP didampingi Konsultan TKDN dan BMP diperlukan mengingat pemerintah akan mewacanakan pada tahun-tahun mendatang untuk memberikan filter banyaknya perusahaan asing yang masuk di Indonesia agar meningkatkan kandungan atau komponen dalam negeri yang dimiliki bila memiliki perusahaan atau anak perusahaan di Indonesia.

Jasa pengurusan TKDN memberikan pendampingan pengajuan tanda sah, disertai laporan hasil verifikasi

  1. Profil kemampuan produksi.
  2. Rekapitulasi hasil verifikasi dari perhitungan TKDN.
  3. Ringkasan profile perusahaan.
  4. Lampiran bukti perhitungan Self assessment
  5. Salinan Izin Usaha Industri / NiB terbaru ; produk yang diverifikasi harus sesuai dengan bidang usaha yang tercantum dalam izin usaha industri / NiB.
  6. Gambar / foto area produksi.
  7. Mesin / alat kerja.
  8. Bahan baku produksi.
  9. Produk akhir.
  10. Diagram alir proses produksi.
  11. Struktur organisasi produksi.
  12. Rekapitulasi hasil perhitungan self assessment TKDN.

Butuh informasi seputar jasa konsultan TKDN
Konsultan kami akan dengan senang hati membatu anda

Persyaratan Utama yang harus dilengkapi untuk sertifikasi TKDN adalah :

  1. Perusahaan harus sudah mempunyai NiB terbaru / IUI .
  2. Perhitungan Self Assessment TKDN barang / jasa / gabungan barang dan jasa.
  3. SNI Wajib yang terkait TKDN, apabila produk sudah masuk daftar wajib ber SNi.

Dalam pengurusan sertifikat TKDN, perusahaan bisa mengajukan penghitungan mandiri (self assesment) mengenai nilai TKDN yang ada pada produknya, didampingi oleh Konsultan TKDN. Hasil penghitungan mandiri tersebut kemudian diverifikasi oleh Lembaga Verifikasi Independen yang ditunjuk oleh Kemenperin.

Untuk informasi persyaratan lengkap dan biaya.

Silahkan hubungi kontak kami, Konsultan TKDN dengan senang hati siap membantu segala kebutuhan usaha Anda.

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *