Pahami Kegunaan ISO 9001, Bukan Sekedar Pasalnya

ISO 9001 adalah Sistem manajemen untuk mengendalikan dan mengarahkan organisasi dalam hubungannya dengan mutu / kualiti. ISO 9001 telah mendapat pengakuan luas secara internasional karena telah mengeluarkan hampir sejuta sertifikat ke seluruh dunia. ISO 9001 telah diterapkan di segala macam industri, dari organisasi-organisasi manufaktur sampai ke layanan profesional.

Menerapkan ISO 9001 berarti menetapkan standar yang memandu operasi perusahaan. Perusahaan yang baik akan lebih bergantung pada sistem daripada pada orangnya. Mengapa kita harus mengandalkan sistem? Karena seiring berjalannya waktu, orang akan berubah karena perubahan, pensiun atau pindah ke perusahaan lain. Jika perusahaan tidak memiliki pedoman operasi standar, maka cara kerja akan berubah menurut mandornya. Jika mendapatkan mandor yang baik, hasilnya akan baik, tetapi jika mandor tidak baik, hasilnya akan buruk.

ISO 9001 tidak memuat aturan yang harus diikuti, tetapi berisi pedoman bagi perusahaan yang ingin memiliki sistem operasi yang baik. Bagi pimpinan atau perusahaan yang masih mencari petunjuk bagaimana cara mengelola operasi yang baik, perusahaan dapat menggunakan ISO 9001 sebagai acuan. Terlepas dari apakah perusahaan tersebut bersertifikat atau tidak, ISO 9001 dapat digunakan sebagai pedoman yang cukup komprehensif untuk mengelola operasional perusahaan.

Saat menafsirkan ISO 9001, kami tidak akan fokus pada menafsirkan pasal-pasall seperti kami menafsirkan hukum. Namun kami lebih memperhatikan “Reason Behind” yaitu alasan yang melatar belakangi adanya pasal tersebut.

Misalnya, persyaratan ISO 9001 memerlukan tinjauan manajemen. Kami menjelaskan bahwa tinjauan manajemen adalah meninjau pencapaian kinerja. Tentunya semua perusahaan harus mengadakan rapat rutin untuk membahas pencapaian kinerja dan mengambil tindakan bila kinerja yang dijadwalkan tidak tercapai. Rapat perencanaan bisnis yang biasa diadakan oleh perusahaan bisa disebut tinjauan manajemen.

Dengan mamahami kegunaanya, perusahaan atau pemimpin menjadi sadar bahwa hal tersebut memang perlu dan bagus untuk organisasi/perusahaan.

Jika anda membutuhkan informasi terkait pendampingan terkait ISO 9001 dalam membangun sistem manajemen di organisasi/perusahaan anda, silahkan hubungi kami dengan kontak yang tertera pada website.

Demikan informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Source: sentralsistem.com

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *