Pentingnya Sertifikasi ISO bagi Perusahaan

Organisasi Internasional untuk Standardisasi (atau lebih dikenal dengan ISO) adalah standar internasional dalam sistem manajemen yang mengukur kualitas suatu organisasi. Mereka memainkan peran penting dalam mengukur kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing dalam skala global dan merupakan cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Perusahaan/Organisasi yang telah memperoleh sertifikasi ISO akan memiliki lebih banyak peluang untuk memenangkan persaingan pasar. Hal ini dikarenakan kualitas produk atau layanan yang diberikan terjamin dan kepercayaan konsumen terhadap merek yang bersangkutan.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan jika mengadopsi sertifikasi ISO sebagai standar perusahaan, dilansir dari OSS Certification.

  1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan menerapkan sistem manajemen mutu maka kredibilitas perusahaan akan terjamin. Reputasi di sini berarti pengendalian proses dan prosedur perusahaan, yang memastikan bahwa jika ada masalah dapat diharapkan dengan cepat. Reputasi ini pada akhirnya akan menghasilkan nilai positif dalam hal kepuasan pelanggan.

  1. Jaminan Kualitas dengan Standar Internasional

Untuk mendapatkan standardisasi ISO, perusahaan harus melalui siklus tertentu yang disebut PDCA, yaitu mengidentifikasi, menganalisis, dan melaksanakan solusi atas masalah untuk memastikan kualitas internasional. Siklus atau prinsip ini merupakan prinsip internasional dan juga berlaku untuk semua jenis industri.

  1. Meminimalisir Biaya

Standar ISO akan memungkinkan perusahaan menerapkan sistem manajemen khusus untuk membantu mereka memahami kinerja perusahaan secara keseluruhan. Jika ada tanda-tanda produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun, harapan tersebut segera dibuat. Ini juga berarti mencegah pemborosan uang terkait dengan produk atau kinerja yang buruk.

  1. Kinerja Karyawan Menjadi Optimal

Kembali pada prinsip-prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut telah ditetapkan sehingga seluruh karyawan di perusahaan mulai dari level karyawan hingga level eksekutif harus mengikutinya. Ini akan memungkinkan karyawan untuk menjaga kualitas, efisiensi dan produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.

  1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan bersertifikat ISO adalah citra atau merek perusahaan tentu saja akan lebih positif.

Ini semua adalah manfaat dari memperoleh sertifikasi ISO, dan mengapa sertifikasi itu penting. Semua keuntungan ini secara bertahap akan meningkatkan keuntungan perusahaan.

Jika anda membutuhkan informasi terkait pendampingan tentang sertifikasi ISO dalam membangun sistem manajemen di organisasi/perusahaan anda, silahkan hubungi kami dengan kontak yang tertera pada website.

Demikan informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Source: mpscertification.co.id

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *