Sertifikat Badan Usaha Non Kontruksi

Mengenal Sertifikat Badan Usaha (SBU) – Sebagai seorang pengusaha, Anda harus mengenal Sertifikat Badan Usaha (SBU) yang memiliki peran penting dalam menjalankan bisnis. SBU ini nantinya akan memastikan kelegalitasan sebuah usaha agar mendapat kepercayaan dari konsumen.

Sertifikat Badan Usaha di Indonesia merupakan sebuah surat resmi yang harus ada pada setiap perusahaan, terutama di bidang konstruksi. Apa sebenarnya SBU itu? Apa saja jenis dan contoh Sertifikat Badan Usaha? Simak penjelasannya di bawah ini!

Sertifikat Badan Usaha Non Kontruksi

Pengertian Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Salah satu bukti atau surat izin resmi yang menjadi tanda jika perusahaan tersebut sudah sah untuk menjalankan segala kegiatannya adalah SBU. SBU adalah sebuah sertifikat yang menunjukkan bahwa usaha tersebut sudah layak dan sah untuk menjalankan bisnisnya.

Singkatnya, SBU ini yang akan menjadi penunjang ketika sebuah perusahaan akan menjalankan suatu proyek, sehingga SBU adalah dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan.

Sebagai seorang pemula, mengenal Sertifikat Badan Usaha (SBU) bisa dengan mulai mencari apa saja jenis-jenis SBU dan manfaatnya untuk bisnis Anda. Biasanya, SBU ditetapkan khusus bagi perusahaan yang ruang lingkup bidangnya di konstruksi.

Lalu, bagaimana dengan perusahaan non-konstruksi? Tentu saja SBU diberlakukan juga untuk bidang non-konstruksi, hanya berbeda kualifikasi yang tercantum nantinya di dalam surat tersebut agar dapat sah menjalankan proses bisnis.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi Terbatas
Sertifikasi di Akui Secara Internasional

Jenis-jenis Sertifikat Badan Usaha (SBU)

Mengenal Sertifikat Badan Usaha (SBU) bisa Anda lakukan dengan memahami jenis-jenisnya. Klasifikasi SBU 2022 sendiri terdapat 3 jenis. Masing-masing jenisnya memiliki kegunaan dan perannya sendiri sesuai dengan bidang perusahaan yang dijalankan :

1. SBU Jasa Konstruksi

Inilah jenis SBU yang sering diincar oleh para pelaku usaha karena memang sebagian besar perusahaan di Indonesia bergerak di bidang yang serupa. Apalagi sekarang ini sudah banyak kota-kota besar yang membutuhkan jasa konstruksi untuk membangun infrastruktur.

Lembaga Sertifikasi Badan Usaha, yaitu Badan Sertifikasi Terakreditasi atau LPJK akan memberikan pengesahan kepada perusahaan yang sudah lulus dan memenuhi kualifikasi kelayakan sebuah usaha.

Dengan banyaknya perkembangan konstruksi dan meluasnya kebutuhan para pekerja bangunan, membuat permintaan terhadap jasa pembuatan SBU jasa konstruksi semakin ikut bertambah.

2. SBU Jasa Konsultan Non-Konstruksi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, banyak juga perusahaan di bidang non-konstruksi yang dapat membuat SBU. Tidak hanya akan mengesahkan sebuah perusahaan dengan sertifikat resmi, tetapi Anda juga bisa berkonsultasi dengan yang ahlinya mengenai bisnis.

Anda bisa sekalian berkonsultasi mengenai cara pembuatan Sertifikat Badan Usaha Non-Konstruksi, finansial, manajemen proyek, dan sebagainya.

3. SBU Spesialis

Bagaimana dengan perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang selain konstruksi ataupun tidak berkesinambungan dengan konstruksi seperti kesehatan? Ada salah satu jenis SBU yang bisa Anda klaim, yaitu SBU Spesialis.

SBU ini memang diperuntukkan kepada perusahaan yang bergerak di bidang selain konstruksi, seperti perusahaan bidang kesehatan dan makanan. Namun, SBU ini tidak banyak diincar karena perusahaan tersebut tidak memerlukan layanan spesialisasi seperti SBU.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi Terbatas
Sertifikasi di Akui Secara Internasional

Cara Mendapatkan Sertifikat Badan Usaha

Untuk memperoleh Sertifikat Badan Usaha, Anda perlu melewati beberapa hal :

1. Sertifikat Tenaga Kerja Konstruksi

Mengenal Sertifikat Badan Usaha (SBU) artinya Anda harus mengenal juga yang namanya SKA dan SKT. Tenaga pakar jasa konstruksi wajib memiliki kedua surat resmi ini agar Penanggung Jawab Metode atau PJT dapat mengajukan proses SBU saat mendaftar nantinya.

2. Registrasi Keanggotaan Asosiasi

Setelah perusahaan Anda telah ditunjuk oleh PJT, selanjutnya adalah membuat pernyataan atau permohonan untuk bisa memperoleh sertifikasi dengan mendaftarkan diri ke asosiasi.

3. SBU Diterbitkan

Setelah selesai mendaftar ke asosiasi, Anda tinggal menunggu SBU terbit. SBU akan didapatkan apabila bisnis atau perusahaan Anda memang cocok dengan kualifikasi dan klasifikasi yang telah ditetapkan oleh LPJK Provinsi/Nasional.

Apabila telah melewati proses sertifikasi dan pendaftaran Usaha Jasa Konstruksi, lembaga sertifikasi badan usaha akan menerbitkan SBU Anda.

Promo Biaya Konsultasi, Training & Sertifikasi Terbatas
Sertifikasi di Akui Secara Internasional

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *