Tarif ISO 45001

tarif iso 45001

Tarif ISO 45001. ISO 45001 adalah Standar Internasional yang menentukan persyaratan untuk sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja (OH & S), dengan panduan penggunaannya, untuk memungkinkan sebuah organisasi memperbaiki kinerja K3 secara proaktif dalam mencegah cedera dan kesehatan buruk.

ISO 45001 dimaksudkan untuk diterapkan pada organisasi manapun terlepas dari ukuran, jenis dan sifatnya. Semua persyaratannya dimaksudkan untuk diintegrasikan ke dalam proses manajemen organisasi sendiri. ISO 45001 memungkinkan sebuah organisasi, melalui sistem manajemen K3, untuk mengintegrasikan aspek kesehatan dan keselamatan lainnya, seperti kesehatan pekerja / kesejahteraan; Namun, perlu dicatat bahwa sebuah organisasi dapat diminta oleh persyaratan hukum yang berlaku untuk menangani masalah tersebut.

MANFAAT DARI ISO 45001

ISO 45001 berbasis sistem manajemen OH & S akan memungkinkan sebuah organisasi untuk meningkatkan kinerja OH & S dengan:

  • mengembangkan dan menerapkannya kebijakan dan sasaran dari K3
  • menetapkan sistematika proses yang mempertimbangkan “konteks” dan mengapa harus melakukannya. Mempertanggungjawabkan risiko dan peluangnya, dan persyaratan hukum dan lainnya
  • menentukan bahaya dan resikO K3, berusaha untuk menyelesaikannya, atau mengendalikannya atau untuk meminimalkan potensinya.
  • meningkatkan kesadaran akan K3
  • Mengevaluasi kinerja & dan melakukan tindakan perbaikan
  • Memastikan pekerja aktif melaksanakan K3

Jika dikombinasikan dengan tempat kerja yang aman dan peningkatan reputasi perusahaan dapat memiliki manfaat langsung lebih banyak, seperti:

  • memperbaiki kemampuan untuk mematuhi peraturan dan regulasi
  • mengurangi biaya akibat kejadian kecelakaan
  • mengurangi down time dan biaya operasi
  • mengurangi biaya asuransi
  • Mengurangi ketidakhadiran dan keluar masuk karyawan
  • Pengakuan internasional

Pengendalian Risiko Berdasar ISO 45001

Yang termasuk di dalam elemen-elemen pengendalian risiko berdasarkan dengan ISO 45001, di antaranya adalah :

1. Eliminasi

Eliminasi dapat diartikan sebagai penghilangan bahaya. Salah satu contoh tindakan eliminasi yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti bahan-bahan kimia berbahaya, penerapan ergonomi dalam perencanaan kerja, eliminasi jenis-jenis pekerjaan yang memiliki dampak negatif terhadap para pekerja, dan penghilangan aktivitas-aktivitas lain yang dinilai berbahaya dan memiliki dampak buruk bagi keselamatan dan kesehatan kerja.

2. Substitusi

Substitusi atau penggantian berarti mengganti sesuatu yang dinilai memiliki dampak negatif atau berbahaya dengan sesuatu yang memiliki risiko bahaya yang rendah.

Contohnya, mengganti bahan dasar cat dari solven ke bahan berbasis air atau penggantian permukaan lantai dari yang licin ke permukaan yang agak kasar agar tidak membahayakan orang yang berjalan di atasnya.

3. Reorganisasi dan Rekayasa Teknik

Hal ini dimaksudkan sebagai pemberian perlindungan secara kolektif untuk para pekerja.

Contoh pengimplementasiannya, seperti perlindungan pada mesin, pengurangan kebisingan lingkungan kerja, pengaturan dan pembagian jam kerja agar tidak membebankan salah satu pihak saja, dan perlindungan para pekerja dari berbagai macam bahaya kecelakaan kerja yang bisa saja terjadi.

4. Pengendalian Administrasi

Bisa juga disebut dengan pengendalian risiko dan bahaya yang terjadi dengan menerapkan kebijakan serta peraturan-peraturan yang terkait dengan K3 di lingkungan tempat pekerjaan.

Elemen ini penerapannya, seperti pengecekan keamanan secara berkala, pelaksanaan pelatihan dan sertifikasi terkait K3, perlindungan keselamatan dan kesehatan dari aktivitas kerja yang berbahaya, serta pelaksanaan pekerjaan dengan standar keamanan yang telah ditentukan.

5. Alat-Alat Pelindung Diri

Penggunaan alat-alat pelindung diri juga termasuk di dalam elemen pengendalian risiko yang berdasarkan ISO 45001. Alat pelindung diri juga telah diatur di dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 8 Tahun 2010.

Definisi alat pelindung diri menurut peraturan menteri tersebut adalah alat yang berfungsi sebagai pengisolasi sebagian atau seluruh tubuh dari ancaman bahaya yang ada di tempat bekerja.

Ingin mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi ISO 45001? Belum dapat Lembaga Pelatihan yang terpercaya? Masih bingung dengan syarat dan prosedur Serfikasi ISO 45001? Segera hubungi kami melalui nomor 0813-1432-8961 .

Share

Add Your Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.